Sunday, October 4, 2015

Pengalaman belanja online di beberapa OS ternama di Indonesia #1

Saya tidak ingat pasti kapan saya mulai menjadi online shopper sejati, kemungkinan semenjak jagoan saya yang nomer dua lahir, sehingga waktu untuk hunting dan shopping menjadi semakin terbatas. Namun sebenarnya, kemudahan berbelanja secara online tidak hanya menjadi pilihan bagi wanita yang sudah berkeluarga, atau wanita bekerja dengan kesibukan yang tinggi, atau wanita yang memiliki keterbatasan untuk pergi ke pusat perbeanjaan saja. Saat ini, online shopping sudah menjadi gaya hidup yang dilakukan oleh hampir semua orang yang memiliki akses internet dan kemampuan untuk membeli.

Awalnya, barang yang saya beli secara online memang terbatas pada barang-barang fashion, seperti baju, hijab atau aksesoris. Namun dalam perkembangannya, sekarang hampir semua barang saya beli secara online. Entah itu gadget  (smartphone, pen tablet, headset dan segala aksesoris gadget), peralatan dapur, peralatan kecantikan, perlengkapan bayi...semuanya saya beli secara online. Kadang saya merasa kebiasaan berbelanja secara online yang  praktis dan memberikan banyak kemudahan ini mendorong saya menjadi lebih konsumtif dibanding sebelumnya. Bagaiman tidak? saya tidak harus bersusah payah untuk pergi ke pusat perbelanjaan, berurusan dengan kemacetan atau teriknya matahari plus rewelnya krucils ketika saya harus memilih-milih barang... :-P

Selain menawarkan kemudahan, berbelanja online juga memberikan pengalaman psikologis tertentu yang membedakannya dengan cara belanja konvensional. Ada  perasaan harap-harap cemas ketika kita sudah melakukan pembayaran dan menanti barang yang kita beli datang. Walupun beberapa kali saya menemukan bahwa barang yang saya beli ternyata tidak seindah harapan saya ketika saya tergiur melihat fotonya, tetap saja saya melakukan kegiatan belanja secara online. Saya juga yakin semua online shopper juga pernah mengalami hal yang sama. Hal ini tampaknya yang menyebabkan jumlah konsumen yang melakukan transaksi online di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Pengalaman berbelanja online di beberapa OS ternama di Indonesia, baik yang dijalankan melalui bantuan modal VC (venture capital) besar maupun OS yang dijalankan personal dan berbasis UMKM akan saya jabarkan. Harapannya, review tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi siapapun yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment