Sunday, October 4, 2015

Pengalaman Belanja di Beberapa Online Shop Ternama di Indonesia #2 : Berrybenka

Berrybenka merupakan salah satu online shop berskala nasional  yang menjual produk fashion khususnya untuk wanita dan pria. Menawarkan produk yang dijual dengan rentang harga yang masih terjangkau untuk semua kalangan dan kualitas yang terjamin. Segala produk fashion dapat kita temukan di OS ini, mulai dari pakaian, tas, sepatu, aksesoris dan kosmetik. 

Seingat saya, pertama kali saya "terdampar" di OS ini adalah berkat iklan pop up yang beberapa kali muncul saat saya sedang browsing. Tergiur oleh beberapa item produk yang ditampilkan secara berkala, akhirnya saya mengarahkan pointer saya untuk mengklik halaman OS BErrybenka. 

Kesan clean, neat dan modern seketika  terasa ketika saya melihat halaman utama web Berrybenka. Dengan tampilan interface seperti ini, awalnya saya berpendapat bahwa target market primer Berrybenka adalah kalangan kelas menengah ke atas. Namun ketika saya menelusuri satu demi satu produk yang ditawarkan, saya berubah pikiran...karena produk yang ditawarkan ternyata cukup masuk akal. Bahkan beberapa barang yang masuk dalam kategori SALE pun menurut saya adalah produk yang cukup berkelas. Mau tidak mau, hal ini yang mendorong saya untuk lebih "rajin" dan "sungguh-sungguh" untuk menelusuri produk-produk yang ditawarkan berrybenka.

Berikut adalah beberapa poin yang menjadi nilai plus bagi saya selama berbelanja di Berrybenka.

1. Kategorisasi yang  sistematis
Menurut pendapat saya pribadi, saya paling nyaman dan paling cocok dengan kategorisasi dan navigasi yang dibangun oleh tim pengembang website Berrybenka. Pada halaman utama, kita langsung diarahkan untuk memilih barang berdasarkan gender yang dituliskan dalam box: WANITA atau PRIA. 



Selanjutnya kita akan diarahkan pada beberapa pilihan menu fashion yang spesifik, dimana pada tiap-tiap menu kita akan menemukan kategorisasi yang lebih detail. Sebagai contoh, ketika kita mengklik Tombol PAKAIAN, maka akan muncul beberapa kategori berdasarkan pengelompokkan jenis pakaian yang akan memudahkan kita untuk mencari apa yang kita inginkan. Pengelompokkan yang sangat spesifik inilah yang belum saya temukan di beberapa website OS lain.

2. Kualitas foto produk yang tergarap dengan baik
Menawarkan produk secara online menjadikan foto produk menjadi salah satu elemen penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli, dan Berrybenka memang menjadikan foto produk sebagai senjata ampuh untuk "merayu" konsumen agar tidak ragu dengan kualitas produk yang ditawarkan. Setiap produk yang dijual di Berrybenka difoto secara detail dan ditampilkan melalui berbagai sisi, dilengkapi juga dengan contoh foto produk ketika sudah dipakai. Sistem kategorisasi yang baik juga mengantarkan kita pada beberapa foto produk sejenis dengan pilihan warna yang berbeda,  yang dapat kita klik pada halaman/interface yang sama. Sehingga kita dapat lebih mudah menimbang pilihan warna yang sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Layanan CS yang tanggap dan ramah
Beberapa kali saya menghubungi customer service Berrybenka melalui e-mail ketika saya menemui kendala atau memiliki pertanyaan saat melakukan transaksi di Berrybenka, dan saya menemukan bahwa tim CS mereka cukup responsif dalam melayani konsumen dengan tata bahasa yang sangat baik dan terkesan "ramah". Layanan CS yang baik dan responsif adalah elemen penting lain yang perlu diperhatikan dan dijadikan modal OS dalam bersaing untuk memberikan pelayan terbaik. Layanan CS juga menunjukkan integritas, kesungguhan dan tanggungjawab perusahaan terhadap konsumen. Sayayakin bahwa tim Berrybenka memberikan porsi perhatian yang cukup besar pada sistem pelayan CS.

4. Engaging Customers Very Well
Ingat tulisan saya sebelumnya mengenai pengalaman belanja online yang memberikan pengalaman psikologis yang sangat unik bagi konsumen? Dimana ada perasaan harap-harap cemas ketika menanti barang yang kita pesan datang dan sampai di tangan kita. Nah, perasaan harap-harap cemas itu hendaknya berujung manis dengan kepuasaan saat menerima barang, bukan? Dan cara mengemas mengambil peran yang sangat besar dalam mempengaruhi pengalaman psikologis tersebut. 
Saat menerima paket di Berrybenka, kita akan menemui barang kita akan di "wrap" rapi dengan sebuah tas kantong kain berwarna hitam bertuliskan brand BERRYBENKA. Seakan-akan kita baru saja keluar dari sebuah butik ternama (padahal barang belanjaan yang kita beli nilainya tidak seberapa..hehehe). Tas kain berwarna hitam ini dapat kita gunakan kembali kemana saja, untuk belanja, ke kampus ataupun ke tempat kerja. Bentuknya yang simple dan elegan membuat saya tidak segan untuk membawanya kemana saja.

Untuk produk baju, pengemasan produk menggunakan box berwarna hitam dengan teks BERRYBENKA berwarna keemasan yang juga memberikan kesan elegan dan  classy.



Saat kemasan kita buka, kita akan mendapati sebuah kartu semacam posctard yang berisi ucapan terima kasih telah berbelanja di toko mereka. Aww....is't it sweet? Bagi saya, Berrybenka tau bagaimana mengikat hati konsumen yang baru pertama kali belanja agar mau belanja lagi di OS ini, dan menjadikan mereka sebagai konsumen loyal Berrybenka selanjutnya.


5. Layanan Pengembalian Produk
Saat menerima produk yang kita beli di Berrybenka, selain postcard, kita juga akan menerima lembar INVOICE dan juga form retur barang jika konsumen merasa barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diinginkan. Entah itu karena ukuran yang tidak sesuai, ataupun karena kualitas yang kurang memuaskan, Berrybenka bersedia untuk melayani pengembalian produk selama 30 hari sejak barang diterima konsumen. Dengan layanan ini, hak-hak konsumen terlindungi. Sehingga konsumen merasa bahwa Berrybenka memberikan pelayanan yang sama baik, bahkan lebih baik, dengan pelayanan jual beli di dunia nyata. 
Pengalaman saya tentang pengembalian produk di Berrybenka membuktikan bahwa Berrybenka sangat berkomitmen dalam menjaga kepuasan konsumen. Ketika saya membeli produk sepatu dan ternyata ukurannya kekecilan, saya mengisi form retur yang dilampirkan pada produk yang dikirimkan dan mengisi kolom keterangan bahwa saya ingin menukarkan dengan produk lain yang harganya sama. Produk tersebut kemudian saya kemas dan saya kirim kembali ke warehosue Berrybenka. Dua hari berselang, CS Berrybenka menghubungi untuk menyampaikan permintaan maaf karena produk yang ingin saya tukar tidak lagi tersedia. Kemudian CS  menanyakan apakah saya ingin uang pembelian dikembalikan melalui rekening atau disimpan saja sebagai kredit di akun Berrybenka yang nantinya bisa saya gunakan untuk berbelanja kembali. Saya memilih disimpan sebagai kredit saja karena saya benar-benar berniat untuk berbelanja lagi di Berrybenka :-D . Selain mengembalikan uang pembelian, Berrybenka juga berkomitmen untuk mengembalikan uang yang saya keluarkan untuk mengirimkan produk kembali ke warehouse. Walaupun jumalhnya tidak banyak, tapi hal tersebut benar-benar membuktikan bahwa Berrybenka menjadikan konsumen sebagai raja. 

6. Tawaran Voucher dan Program Free Shipping
Secara berkala, Berrybenka menawarkan voucher potongan dengan renatangan nilai Rp.50.000,- hingga Rp. 100.000,-  bagi konsumen yang baru mendownload aplikasi BERRYBENKA, atau konsumen yang pertama kali mendaftar dan langganan newsletter, atau bekerjasama dengan vendor layanan operator selular melalui penukaran poin dengan voucher. Konsumen dan diskon adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Memanjakan konsumen dengan pemberian voucher potongan bagaimanapun akan berdampak pada frekuensi pembelian di masa yang akan datang. Konsumen akan cenderung berbelanja lagi di Berrybenka dengan memanfaatkan  voucher pootongan tersebut dalam waktu dekat.
Selain itu, beberapa kali saya berbelanja di Berrybenka, saya selalu mendapatkan bonus free shipping, yang berarti saya tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk jasa ekspedisi pengiriman.



Sekian review saya mengenai pengalaman berbelanja di Berrybenka, semoga membantu :D

2 comments:

  1. Hello!
    Mohon bantuannya untuk mengisi kuesioner ini, mengenai situs BerryBenka.com, guna melakukan penyusunan skripsi.

    Link : https://goo.gl/5RPIR1

    Terima kasih atas pengisiannya, 10 orang yang beruntung akan mendapatkan pulsa yang akan diundi pada bulan Desember 2015 - Januari 2016.
    Pengundian bisa dilihat di account instagram @alingdessy .

    Mohon kesediaannya untuk menyebarkan broadcast ini.
    Thank you ♥

    ReplyDelete
  2. Videoslots YouTube - videodl.cc
    Videoslots YouTube | Videoslots YouTube | youtube mp3 Videoslots YouTube. YouTube videoslots YouTube by Videoslots is a website that offers high quality videoslots

    ReplyDelete